....

Selasa, 11 Oktober 2011

Tips Membeli MP3 Player

Portabel player atau yang lebih dikenal dengan MP3 player sudah merupakan gadget yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan di-era modern seperti sekarang ini. Di luar sana, ada banyak sekali jenis, tipe, merk portabel player yang semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Harganya pun juga bermacam-macam, mulai yang paling murah meriah sampai dengan yang termahal.

Setiap MP3 player memiliki bentuk yang unik yang akan memikat anda untuk segera membelinya. Tapi jangan terburu-buru memilih MP3 player hanya berdasarkan bentuk fisiknya yang menarik, lihat dulu dalamnya, fitur yang disertakan pada media player tersebut

Jika anda benar-benar ingin membeli, pertimbangkan dengan matang manakah MP3 player yang akan anda pilih? Pastikan ketika memilih portabel MP3 player, anda memilih yang tepat untuk kebutuhan anda. Jangan sampai anda “membeli kucing dalam karung” saat membeli portabel MP3 player.

Berikut kami berikan tips memilih MP3/Portabel player yang tepat untuk kebutuhan anda.

Tetapkan berapa rencana anggaran yang akan anda keluarkan.

Jangan menjadi pembeli implusif, yang hanya menganggarkan dana besar padahal hal itu akan menguras kantong anda. Ingat, hidup anda tidak akan berakhir jika tidak memiliki MP3 player. Jadi sesuaikan budget yang dianggarkan dengan tidak mengesampingkan kebutuhan anda yang lain.

Pilih MP3/Portabel player yang memiliki fitur sesuai kebutuhan anda.

Coba cari MP3 player yang memiliki fitur yang akan anda gunakan sehari-hari. Sebagai contoh, jika anda juga akan menggunakan MP3 player sebagai pengganti flash disk, pilih bentuk fisik yang sekiranya mudah dipindahkan dari komputer ke komputer yang lain. Contoh lain, jika akan menggunakannya sebagai alat perekam audio, pilih portabel player yang memiliki kualitas audio rekaman yang baik.

Periksa perangkat lunak, aksesoris dan perangkat tambahan yang melengkapi MP3 player.

Disetiap paket penjualan MP3 player, disertakan aksesoris seperti seperti headset, charger, kabel USB dan yang lain. Pastikan semua berfungsi dengan baik dan pertimbangkan juga kebutuhan aksesoris lain yang akan anda beli jika belum disertakan.

Periksa juga perangkat lunak (software) dalam MP3 player. Mintalah juga backup software (jika ada), yang biasanya dalam bentuk kepingan CD yang dapat digunakan saat MP3 player anda mengalamoi masalah.

Media penyimpanan.

Pilih kapasitas media penyimpanan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, semakin besar media peyimpanan data yang disertakan, semakin tinggi pula harga yang dibandrol. Jangan sampai hanya karena mengiginkan kapasitas media penyimpanan data yang besar, anda harus mengeluarkan budget yang lebih dan lupa dengan kebutuhan yang lebih penting.

Sebagai tambahan informasi, MP3 palyer yang beredar dipasaran saat ini mempunyai kapasitas 2 GB keatas. Kapasitas 1 GB saja sudah mampu menyimpan 130-200 lagu berformat MP3 (rata-rata satu file mp3 memiliki kapasitas 5 MB).

Kualitas Baterai.

Ada dua jenis baterai yang digunakan pada MP3 player yaitu baterai internal (baterai yang ter-include di dalam dan biasanya tidak bisa diganti kalau sudah rusak) dan eksternal baterai (baterai yang bisa diganti sperti pada handphone).

Biasanya MP3 player yang menggunakan baterai eksternal lebih mahal jika dibandingkan yang menggunakan internal baterai. Kelebihannya, apabila rusak baterai tersebut bisa diganti dengan membelinya di toko aksesoris media player. Sedangkan yang menggunakan internal baterai, biasanya anda harus membeli media player baru jika baterai internal sudah rusak.

Check kompatibilitas dengan komputer.

Hal ini penting karena anda akan selalu menggunakan komputer atau notebook untuk mentransfer file dari maupun ke MP3 player. Jangan sampai ketika anda ingin mentransfer file, terjadi masalah ketidak-kompatibelan perangkat. Pastikan juga driver MP3 sudah anda dapatkan ketika membeli Mp3 player.

Tetapi, mengingat saat ini hampir semua jenis MP3 player sudah tidak membutuhkan driver, anda tidak perlu pusing dengan hal ini.

Test sebelum membeli.

Mintalah bantuan kepada penjual untuk menguji produk yang akan anda beli. Pastikan semua menu, fitur,  aksesoris berfungi  dengan baik. Dan yang paling penting, tanyakan masa garansi, support dan jaminan tentang produk yang akan anda beli.

Pastikan anda membeli dan memilih sesuai dengan yang anda butuhkan dan jangan hanya tergiur oleh iklan yang dipromosikan oleh penjual ketika memilih. Jangan sampai anda seperti “membeli kucing dalam karung” saat memilih portable MP3 player!

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More