....

Minggu, 09 Oktober 2011

BlackBerry Bold Touch 9900 Review

Salah satu gadget yang paling ditunggu di tahun 2011 ini yaitu BlackBerry Bold Touch 9900 yang mempunyai kode nama Dakota dan sudah dinanti-nantikan oleh para pencinta BlackBerry. Bagaimana tidak, bisa dikatakan BlackBerry Bold Touch 9900 adalah evolusi dari pendahulunya yaitu BlackBerry Bold 9000.



Akhirnya BlackBerry Bold Touch 9900 ini hadir dengan garansi dari distributor resmi di Indonesia. Kami mendapatkan kiriman 1 paket yang isinya adalah BlackBerry Bold Touch 9900 kondisi baru dan tersegel rapih. Setelah dilihat ternyata bergaransi resmi dari distributor TAM sebagai distributor resmi BlackBerry yang pertama di Indonesia yang diakui oleh RIM.
Sekedar info, untuk BlackBerry yang dikeluarkan resmi di Indonesia, RIM menunjuk 3 distributor besar yang ditunjuk sebagai distributor dan after sales service resmi yaitu TAM, Comtech dan juga Selular Shop.
Seperti apa performanya? silahkan simak review yang kami buat ini.




What’s inside the box? Kami mendapatkan BlackBerry Bold Touch 9900 ini dalam kondisi baru (BNIB- Brand New in Box). Seperti biasa, apabila membeli sebuah BlackBerry baru, isi dalam boxnya adalah: 1 unit BlackBerry 9900, battery original tipe JM-1 yang sangat tipis, Original magnetic pouch, polishing cloth, Handsfree, charger model terbaru bentuknya pipih dan harus menggunakan kabel data apabila charging, kabel data microUSB, buku panduan bahasa Indonesia dan juga kartu garansi dari distributor resmi TAM.


Desain dari BlackBerry 9900 aka Dakota sebenarnya mirip dengan seri Bold 9000 yang rilis di tahun 2008. Tetapi yang menjadi perbedaan yang terlihat dari tampilan fisik adalah bentuknya yang jauh lebih tipis dan paling tipis dari semua tipe BlackBerry dengan dimensi 115 x 66 x 10.5 mm dan berat hanya 130 g. Tidak ada lagi navigasi yang menggunakan trackball karena di Bold Touch 9900 ini sudah menggunakan trackpad dan juga pada bagian belakang sudah terdapat camera dengan resolusi 5MP dan LED flash. Lalu apabila battery  door atau back cover pada Bold 9000 menggunakan lapisan kulit, tetapi pada Bold Touch 9900 ini tidak menggunakan lapisan kulit melainkan terdapat motif carbon yang membuatnya terlihat futuristik
Sekarang melihat spesifikasi layar. Layar yang digunakan di 9900 ini beresolusi 640 x 480 pixel dengan ukuran, 2.8 inche WVGA.

Sesuai namanya yaitu Bold Touch 9900 karena menggunakan TFT LCD capasitive sehingga dalam pengoperasiannya menggunakan sentuhan jari atau singkatnya disebut touch screen. Jadi selain pengoperasian dengan keypad QWERTY juga menggunakan touch screen. Layarpun cukup responsive ketika ditest. Support multi touch seperti pinch-to-zoom. Ukuran layar sedikit lebih besar dari pada  pendahulunya yang hanya 2.6 inch.  BlackBerry seperti pada umumnya tidak menggunakan banyak port. Port yang tersedia hanya headset jack 3.5mm dan juga microUSB untuk charging dan transfer data.

Untuk camera apabila dibandingkan dengan Bold 9000 memang terjadi peningkatan karena di Bold Touch 9900 menggunakan resolusi 5MP. Tetapi apabila dibandingkan dengan tipe BlackBerry lainnya meskipun resolusi sama tetapi terjadi penurunan karena tidak support fitur AutoFocus. Sangat disayangkan sebuah BlackBerry premium tetapi camera belum support AutoFocus. Tetapi meskipun tidak support AutoFocus, jangan merasa kecewa dulu, karena setelah kami test ternyata hasil capture-annya tidaklah mengecewakan. Juga sudah disupport fitur face detection dan juga image stabilization agar ketika mengcapture gambar tidak goyang. Selain itu juga sudah support untuk video HD recording 720p
Speaker yang dihasilkan dari Loudspeaker cukup bagus, ditest memainkan lagu-lagu MP3,  suara tidak pecah meskipun volume disetting maksimal. Handsfree bawaannya pun suara yang dihasilkan tidak mengecewakan

Masuk ke tampilan layar. Dengan tampilan menu dari OS 7 sebenarnya dari tampilan tidak banyak berubah dengan BlackBerry OS 6.0 yang sudah ditanam di BlackBerry 9800, 9780, 9300 dan juga beberapa tipe lainnya. Dicoba menggeser menu, masuk media, melihat pictures dan lain-lain tidak ada lag sedikitpun. Mungkin karena pengaruh dari kecepatan prosesor yang cukup tinggi hingga 1.2Ghz sehingga mulus tanpa lag. Di OS 7.0 juga anda bisa mengatur panel yang diinginkan. Panel seperti Favorite, Media, Downloads dan Frequent bisa di hide jikalau mengganggu. Dengan OS7.0 apabila ingin switch device ternyata hanya tinggal mengcopy data ke Memory card dengan “Switch Device Wizard”. Tetapi sayangnya, fitur ini hanya terdapat di OS 7.0 dan bisa dilakukan dengan Blackberry yang menggunakan OS 7.0.
Keypad QWERTY yang menurut kami seharusnya semua sama rasanya di semua BlackBerry apabila di gunakan. Tetapi terjadi pengecualian pada seri Bold Touch 9900 ini. Saya pribadi merasa mengetik pada keypad QWERTY di tipe lawas seperti BlackBerry tipe 8820 dan BlackBerry 9000 sangatlah nyaman, begitu pula dengan tipe 8900 javelin dan juga Onyx tidak kalah nyamannya. Tetapi setelah mencoba mengetik menggunakan Bold Touch 9900 ini, saya merasakan perbedaan yang sangat signifikan. Sulit di ungkapkan dengan kata-kata. Saya hanya bisa bilang “This is the best BlackBerry QWERTY keypad I ever Tried”. Penasaran? Sebaiknya coba sendiri yaa, karena selera pasti beda-beda setiap orang..:P
Untuk spesifikasi BlackBerry Bold Touch 9900 ini:
  • 2.8inch TFT LCD capacitive
  • Prosesor 1.2Ghz,
  • RAM 768 – 8GB eMMC
  • 5.0 MP camera
  • HD Recording 720p
  • Bluetooth
  • Wifi
  • GPS.
  • Near Field Communication/NFC (belum support di Indonesia)
  • BlackBerry OS 7.0
Untuk spesifikasi BlackBerry Bold Touch 9900 lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini:
115 x 66 x 10.5 mm, approximately 130 g
2.8" capacitive touch screen display – VGA (640 x 480), 287 dpi resolution
Ultra-easy QWERTY keyboard, optical trackpad
1.2 GHz processor, 768 MB RAM
8 GB on-board memory, plus microSD slot supporting up to 32 GB cards
NFC technology • 5.0 MP camera, supports 720p HD video recording
Orientation sensor (accelerometer), Digital compass (Magnetometer), Proximity sensor
Built-in GPS/aGPS • Dual-band Wi-Fi® - 802.11 b/g/n at 2.4 GHz and 802.11 a/n at 5 GHz
Bluetooth®

Wireless network support:
o 9900: Tri-Band HSPA+, Quad-band GSM/EDGE o 9930: Dual-band CDMA/EV-DO Rev. A, Dual-band HSPA+, Quad-band GSM/EDGE
1230 mAh removable, rechargeable battery • BlackBerry 7 OS


BlackBerry Bold Touch 9900 ini juga sudah test bridge dengan BlackBerry PlayBook. Dalam proses pairing juga sangat cepat tidak harus berulang-ulang. Dalam pengaplikasiannya pun tidaklah sulit.

Baterai yang digunakan adalah tipe JM-1 berkapasitas 1230 mAh. Hasil yang didapat dalam pemakaian normal selama 2 hari ini adalah kurang lebih 7 jam, mulai dari Full hingga pemakaian mencapai 10%. Dengan penggunaan email untuk pekerjaan, email untuk 13 mailing list yang sangat aktif kurang lebih mencapai 600-800  email perhari,  BBM, twitter dan Facebook.

Harga untuk sebuah BlackBerry Bold Touch 9900 ini untuk penjualan perdananya dipatok seharga Rp 5.999.000 saja. Untuk sebuah BlackBerry canggih dengan fitur dan spesifikasi  yang mumpuni, harga yang dipatok pun masih dalam kategori wajar.

 [+]
  • Bentuknya yang mirip dengan tipe Bold 9000 dan tertipis dari semua tipe BlackBerry yang ada.
  • Prosesor 1.2 Ghz yang membuat proses lebih cepat dan tidak lag
  • Ukuran layar 2.8 inch TFT capacitive multitouch
  • Keypad QWERTY sangat nyaman digunakan
  • RAM 768Mb didukung eMMC 8GB cukup besar dikelasnya
  • HD Video Recording (720p)
  • BlackBerry OS 7.0 out-of-the-box.
[-]
  • Camera tidak support Autofocus
  • Daya tahan baterai tidak sekuat BlackBerry tipe Bold 9780 aka Onyx2
Kesimpulan:
Ini adalah salah satu tipe premium dari BlackBerry yang sudah ditunggu-tunggu penggemarnya. Dengan spesifikasi dan juga fitur yang ditanam di Bold Touch 9900 ini memang sangat menarik untuk mengganti BlackBerry Anda yang sudah mulai ketinggalan. Apalagi sudah digerakan menggunakan BlackBerry OS7. Dari bentuknya pun terlihat   sophisticated. Dengan harga Rp 5.999.000, dilihat dari spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, cukup menarik ! Minat?

Berlangganan Artikel:

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru Dari Blog Ringan Ini ! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan kiriman Artikel Terbaru dari blog ini langsung ke email anda.

Related Post:

Comments
0 Comments

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More